Tips Mutakhir Panen Sayur dari Halaman Rumah


Banyak yang meragukan bahwa lahan sempit dapat memproduksi tanaman dengan kualitas dan kualitas yang baik. padahal, hal tersebut bisa disebabkan kurangnya membaca, mempelajari, dan mulai mencoba bertanam, serta jam terbang pelaku tanam yang belum lama. Faktor niat yang kurang juga mempengaruhi produksi tanamn yang maksimal.

Lahan atau halaman rumah yang terbatas bisa dimanfaatkan untuk bertanam dengan hasil yang maksimal dengan memanfaatkan pipa untuk budidaya sayuran hidroponik, meski terdapat beberapa kekurangan, kelemhanan tersebut mudah diatasi sehingga kalah dengan kelebihan dan manfaat-manfaat lainnya yang didapatkan dengan bertanam dengan pipa.

Penggunaan pipa identik dengan bertanam hidroponik dengan sistem NFT dan DFT. Apabila tidak ingin khawatir dengan ketersediaan oksigen, pelaku tanam dapat menggunakan sistem NFT dalam bertanam. Sistem NFT yang tersirkulasi secara terus-menerus memberikan pasokan oksigen yang baik untuk tanaman. Tapi, bagi yang takut dengan pompa nutrisi mati karena tegangan listrik yang semisal tiba-tiba mati dengan waktu yang lama, bisa menggunakan hidroponik sistem DFT. Ketersediaan air pada sistem DFT yakni tegenang dengan cukup tinggi.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan pipa dalam bertanam hidroponik adalah melakukan pembersihan instalasi pipa setelah panen selesai. Untuk penanaman selanjutnya wadah penanaman harus bebas dari lumut dan akar yang putus. Jika tidak dibersihkan maka aliran nutrisi akan terhambat.

Sebagai penunjang lancarnya irigasi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, diperlukan selang penyalur nutrisi yang tidak mudah berlumut, yakni selang HDPE 5 mm atau HDPE 7 mm. Lumut dapat tumbuh jika beberapa unsur pendukung tersedia. Unsur yang mendukung tumbuh dan berkembangnya lumut adalah cahaya matahari, air, nutrisi, dan CO2. Dan lumut tidak bisa hidup jika salah satu unsur itu tidak terpenuhi. Sehingga penggunaan selang HDPE dapat membantu enggannya lumut tumbuh, selang hitam tidak tembus cahaya dan tidak bisa ditempeli. Yang terpenting adalah MELAKUKAN PENGECEKAN SECARA RUTIN, mulai dari tanaman, pH dan ppm nutrisi, pipa/ talang instalasi, selang-selang irigasi, pompa, adanya hama, dan aspek-aspek penunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat baik secara kualitas dan kuantitas.

Selang HDPE pada Manifold


Selang HDPE pada Talang


Selang HDPE pada Pipa


Alamat jika tertarik membeli selang HDPE adalah sebagai berikut:

Sumber Informasi:
- Trubus 547

Previous
Next Post »
0 Komentar