Pindah Tanam Yang Baik dan Benar: Hidroponik sistem NFT, DFT, Rakit Apung, Wick, dan Dutch Bucket



Langkah cepat menumbuhkan si kecil:
  1. Potong rockwool yang sudah ditumbuhi tanaman 4-5 helai daun hasil semaian (yang sudah cukup umur untuk ditanam). Tumbuhnya daun dengan jumlah tersebut tegantung pada tiap-tiap tanaman, serta tergantung pada pelaku tanam. Jam terbang biasanya mempengaruhi keberhasilan semai benih sampai dengan tanaman siap untuk dipanen. Apabila baru sekali semai tapi ingin berhasil tumbuh 100%, biasanya hanya terjadi pada beberapa orang saja.
  2. Susun rockwool di dalam baki, hal tersebut memudahkan dalam memindahkan ke net pot yang sudah  dan atau bisa juga belum disusun pada instalasi. Tahapan ini juga sekaligus mensortasi tanaman mana saja yang tidak berhasil atau berkemungkinan untuk tidak dapat tumbuh dengan baik.
  3. Setelah itu, masukan masing-masing tanaman ke dalam net pot yang sudah diberi kain flanel sebagai sumbu. Flanel membantu tanaman menyerap air nutrisi dengan baik. Disarankan kain flanel dipasang dengan benar, karena apabila tidak benar, tanaman tidak akan menerima nutrisi dan akhirnya akan layu hingga mati.
Sumber Informasi:
- Trubus Edisi 535
- My Trubus
- Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm
First
0 Komentar